23 January 2008

Dari sudut mana kita memandang ?

Ada sebuah pertanyaan yang diberikan kepada 2 orang berbeda ras, yaitu seorang Eropa berkulit putih dan seorang Afrika berkulit hitam. Pertanyaannya sederhana, apa warna kuda zebra ?

Orang Eropa menjawab bahwa warna kuda zebra adalah kuda hitam dengan garis-garis putih, sementara orang Afrika menjawab warna kuda zebra adalah kuda putih dengan garis-garis hitam.

Mengapa perbedaan bisa terjadi, padahal mereka ditanya tentang hewan yang sama ? Inilah yang biasa kita sebut sebagai sudut pandang.

Sederhananya, sudut pandang adalah suatu cara bagaimana kita memandang sesuatu masalah dari sudut yang berbeda.

Sudut pandang inilah yang menjadikan seseorang berbeda sikap dalam menghadapi suatu masalah atau persoalan. Seorang dengan sudut pandang yang sempit akan memandang suatu persoalan dengan ruang yang sempit. Ketika kesulitan datang, kita cuma menganggap sebuah kesulitan telah tiba, ketika kekecewaan tiba kita cuma memandang bahwa kekecewaan telah datang. Atau ketika keberhasilan diraih, kita malah terus terbuai.

Dalam sudut pandang yang luas, kita akan mendapati kegagalan sebagai kegagalan, dan sekaligus sebagai sebuah keberhasilan yang tertunda. Akan memandang kekecewaan sebagai sebuah kekecewaan berikut hikmah kebahagiaan, dan akan mampu memandang kebahagiaan sebagai kebahagiaan sekaligus bersiap mengalami ketidakbahagiaan.

Maka jika kita mendapatkan sesuatu hal, pandanglah hal itu juga dari sudut pandang yang berbeda. Percaya dech, kita akan lebih bijaksana.

No comments: