05 May 2008

Pasar Yang Bergerak ...

Konsep pasar yang bergerak saya dengar pertama kali dalam ruang kuliah marketing program master di universitas. Sebenarnya teori konsep ini sederhana saja, hanya berkutat tentang perubahan keinginan (kebutuhan) konsumen yang tidak flexible alias tidak konstan alias bergerak. Saya menghindari kata berubah, karena kata berubah cenderung tidak menginspirasi kemajuan. Simple, akan tetapi konsep seperti ini yang sering dilupakan oleh (terutama) para pebisnis pemula, sehingga mereka kerap jatuh dan kembali memulai bisnis pada bidang yang berbeda. Untuk perusahaan mapan, biasanya mereka tidak lupa, tetapi gagal mengidentifikasi keinginan pasar.

Konsep pasar yang bergerak, adalah sebuah konsep pemahaman terhadap kebutuhan dan keinginan konsumen terhadap suatu produk yang tidak sama dari waktu ke waktu. Konsumen adalah sebuah lembaga unik, yang kadang teramat sulit untuk dideteksi keinginannya. Sehingga terkadang pada perusahaan-perusahaan mapan merasa perlu membangun divisi tersendiri untuk mengantisipasi keinginan konsumen ini. Bahkan beberapa perusahaan memakai jasa konsultan loyalty konsumen.

Pasar yang bergerak, adalah rangkaian perubahan-perubahan keinginan konsumen terhadap suatu produk yang sama. Sehingga produk tersebut dipaksa memiliki berbagai varian atau plus produk dari fungsi awal. Sebagai contoh paling nyata adalah konsumen alat elektronik handphone misalnya, konsumen selalu menginginkan hal yang lebih dari sekedar handphone, mereka ingin berkamera, mereka ingin radio, dan seterusnya dan seterusnya.

Demikian pula dengan produk jasa, konsumen selalu ingin berubah. Seorang anak di harapkan pintar matematika, tapi esok hari juga diharapkan pintar bahas asing, kemudian diharapkan pintar bernegosiasi, kemudian pintar, berdiplomasi, dan seterusnya.

Mengabaikan perubahan pasar akan berakibat fatal. Ada beberapa perusahaan yang mesti kehilangan banyak pasar karena gagal mengantisipasi perubahan tersebut Tentu kita masih ingat produk penyentara (pager) yang hilang dari pasar dalam usia 3 tahun. Perusahaan ini tidak mampu mengantisipasi perubahan pasar yang bergerak, dalam arti mereka tidak memiliki cukup ruang untuk memenuhi pergerakan pasar. Mereka gagal memenuhi kebutuhan konsumen yang terus bergerak.

Untuk semua bidang bisnis, tanpa terkecuali, mengantisipasi pasar yang bergerak adalah suatu keharusan. Karena pada dasarnya keinginan konsumen adalah tidak pernah statis, mereka selalu terkooptasi dengan perubahan zaman. Pasar selalu akan bergerak, berubah, walaupun tentu dalam kecepatan yang berbeda satu sama lain.

Jadi untuk pemula, bergeraklah lebih cepat, karena pasar anda juga terus bergerak.

No comments: