14 April 2008

Bike to Work...It's Green Living !

Dalam beberapa hari ini saya selalu teringat seorang teman pria semasa kuliah. Orangnya boleh dikatakan teramat sangat sederhana, kalau tidak berlebihan untuk dikatakan ia selalu ketinggalan zaman. Banyak kesehariannya yang kala itu tidak sesuai gaya kami ketika masih kuliah.

Bayangkan saja, pada masa kuliah ia kerap memakai sepeda untuk berangkat dari rumahnya ke kampus sejauh puluhan kilometer, merayap di antara mobil dan biskota, ia selalu tahan berpanas-panas ria di belantara Jakarta dengan sepedanya. Sementara mahasiswa lain memilih bermobil ria, bersepeda motor dengan gaya, atau bagi yang tidak cukup mampu, ikut bergabung naik bis kota. Ia selalu saja bersepeda, jika ditanya alasannya sederhana saja, agar badan tetap sehat.

Saya tidak tahu lagi di mana kawan saya itu sekarang, apakah ia masih tetap bersepeda atau tidak lagi. Tetapi sungguh, banyaknya para karyawan perkantoran yang menganut ide 'bike to work' di Jakarta sekarang ini, kembali mengingatkan saya pada ide-idenya tentang hidup sehat dengan bersepeda. Atau mungkin teman saya itu yang menjadi pelopor gaya hidup bersepeda ke kantor ?

Idenya bersepeda ke kampus, mungkin memang tidak sehebat 'green living campaign' yang sekarang marak diserukan berbagai kalangan sebagai salah satu bagian dari kampanye anti global warming. Idenya bersepeda ke kampus pada saat itu merupakan pemikiran sederhana yang menurut saya brilian, walaupun dahulu kami selalu mencibirnya dan menganggapnya manusia aneh yang ketinggalan zaman. Tentu saja, karena kebiasaan bersepeda ke kampus itu terjadi lebih sepuluh tahun lalu, sebelum munculnya komunitas para biker di perkantoran Jakarta. Padahal gaya hidup bersepeda rianya bisa jadi bagian dari gaya hidup green living yang kita kenal sekarang.

Green living ini merupakan sebuah gaya hidup yang sekarang mulai dianut oleh masyarakat perkotaan, seiring mewabahnya kampanye anti global warming di dunia. Hiduplah dengan cara-cara yang sehat ! mungkin itu yang pantas diartikan sebagai green living ini. Sebuah gaya hidup sehat, dan lebih sehat lagi, yang dapat diterapkan dalam kehidupan kita sehari-hari secara praktis, seperti penggunaan bahan daur ulang pada kantong belanja, bike to work, pemilahan sampah organik dan non organik agar mudah di daur ulang, selalu mengkonsumsi makanan sehat dan sebagainya. Semakin cepat kita kembali kepada green living, tentu saja semakin cepat hidup kita lebih sehat.

Sekarang saya percaya pada teman saya itu, bersepeda akan membuat badan sehat. Sama seperti saya juga percaya bahwa green living akan membuat hidup kita lebih baik.

Lantas bagaimana dengan anda ?

No comments: