14 April 2008

Mind Your Body !

Mind Your Body, adalah nama judul suplemen dari The Strait Times, surat kabar terbesar terbitan Singapore yang selalu saya baca setiap hari. Yup, setiap hari walaupun kenyataannya selalu saja datang terlambat. Surat kabar ini terbit pagi, toh baru sampai di meja saya pukul 2.30 sore. Atau malah terkadang sampai esok paginya.

Sisipan yang berisi artikel-artikel seputar kesehatan ini biasa terlampir pada hari Rabu setiap minggunya. Berisi berbagai hal seputar kesehatan dan bebagai tips untuk menjaga kesehatan tubuh kita dan beberapa alternatif pengobatan jika kita sakit.

Sisipan ini bagi saya sangat menarik, dan selalu saja menarik perhatian saya setiap terbit, karena seolah-olah berisi pandangan bahwa tubuh kita memerlukan perlakuan yang pantas dari kita. Tabloid ini seakan memberikan saya gambaran, bahwa tubuh kita juga memiliki keinginan-keinginan berupa mind (pikiran). Tentu bukan tanpa alasan bukan tanpa alasan sisipan itu oleh penerbitnya diberi nama mind your body.

Pada dasarnya, kita memang harus berpikiran bahwa seluruh bagian dan organ tubuh kita memiliki hak untuk memperoleh perlakuan yang layak dari kita sendiri. Setiap bagian tubuh kita tentu memiliki kebutuhan-kebutuhan yang berbeda satu dengan lainnya. Mereka menuntut perhatian kita secara khusus dan itu sangat wajar.

Misalnya, ketika mata kita terasa lelah dan mulai berair, setelah sekian jam beraktifitas di depan komputer, dalam membantu tugas kita bekerja, berilah ia istirahat yang cukup. Berilah pada mata kita itu kebutuhan vitamin-vitamin yang cukup, karena mata kita memerlukan semua itu. Berilah ia kenyamanan kembali untuk dapat beraktifitas selanjutnya.

Pernahkah tulang kita terasa kaku, dan otot kita terasa menegang setelah kita bekerja terlalu keras atau ketika mengangkat beban berat ? Itu berarti tulang kita memberi pesan pada kita, bahwa mereka cukup lelah! Maka segera beri tulang kita cukup istirahat dengan sejenak mengendurkan diri, megangkan badan dan melepaskan sedikit ketegangan. Lalu, minumlah Kalsium secukupnya, agar tulang kita tidak menjadi rapuh dan mudah patah.

Tubuh kita pada dasarnya akan selalu memberi pesan jika mereka lelah atau sakit. Dan percayalah, bahwa setiap bagian tubuh kita juga memiliki hak untuk istirahat yang cukup, berhak atas asupan vitamin-vitamin dan berbagai mineral yang layak. Tidak berlebihan bila kita memperlakukan setiap bagian tubuh kita, seolah-olah, ia mahluk tersendiri yang memiliki pikiran dan kebutuhan.

Sungguh saya terinspirasi oleh mind your body ini.

No comments: